Hati-hati!Ini 5 Perintah Di Terminal Linux Yang Bisa Merusak PC Kamu



Bagi pengguna linux terminal memang merupakan tempat untuk memasukan dan menjalankan program serta script-script yang ada di semua distro linux,tak mengherankan bahwa setiap bagian dari linux pasti perlu menggunakan terminal untuk menyelesaikan berbagai kegiatan di desktop linux.

Namun kerap kita temui di berbagai grup serta forum-foum orang-orang jail dan iseng yang sering memberikan atau menuliskan tutorial cara menggunakan cli alias command line yang tanpa di sadari termasuk kedalam 5 perintah terminal yang berbahaya bagi pc kita.


Supaya kita tidak mudah percaya dan langsung mengetikan command tersebut pada terminal kita, saya akan beritahu 5 perintah terminal yang berbahaya bagi pc kamu sehingga kamu terhindar dari hal-hal tersebut.



 
1.rm -rf /


 
Perintah ini biasanya digunakan untuk menformat bagian atau partisi sebuah hardisk yang sudah ditentukan lokasi file-filenya.
Namun jika diberi options tanda / itu dimaksudkan untuk menghapus seluruh isi dari hardisk tanpa terkecuali flashdisk maupun hardisk eksternal yang tersambung ke pc kamu.
Berhati-hati dengan command yang menggunakan awalan rm.


 
2.:(){:|:&};:





Peintah yang satu ini terlihat cukup aneh dari command yang lain karna kebanyak command pada umunya pada linux terminal banyak menggunakan huruf.
Perintah ini diberi nama Fork Bomb mengapa diberi nama itu?
Itu dikarenakan jika menjalankan perintah tersebut yang terjadi pada terminal adalah
akan meduplikat alias mencopy sebanyak-banyaknya terminal shell sampai komputer kamu hang.
Jika terus dibiarkan akan berakibat fatal dan satu-satunya cara untuk menghentikan command tersebut adalah dengan merestart pc tersebut.


 
3.mkfs.ext4 /dev/sda1




Perintah diatas sangat berbahaya karena dapat memformat partisi /dev/sda1 dengan fomat ext4.
Maka dari itu berhati-hati dengan command yang memiliki kegunaan dalam memformat,pastikan anda mengerti dan tau apa yang anda ingin format.


 
4. dd if=/dev/random of=/dev/sda


Pada command linux terminal perintah dd digunakan untuk back-up data yang ada dalam hardisk.
Perintah ini dapat berbahaya jika anda mengetikan dengan salah seperti perintah diatas, yang mengakibatkan file tercopy secara random ke dalam file-system di hardisk anda sehingga dapat membahayakan hardisk anda.


 
5.mv ~ /dev/null



Secara umum perintah mv berfungsi sebagai perintah untuk memindahkan file dari direktori asal ke direktori yang dituju,serta dapat juga digunakan untuk menganti nama sebuah file atau direktori.
Tetapi mengapa bisa berbahaya? . Perintah tersebut menjadi berbahaya karena jika kita sedang berada pada direktori tertentu, misal Home dan kemudian mengetikan perintah tersebut maka semua file kita yang berada pada direktori home pasti akan hilang,karna di dalam file system linux tidak ada yang nama-nya direktori /dev/null.


 
Itu dia 5 perintah pada terminal linux yang berbahaya jika secara sembaragan kita ketikan pada terminla linux kita,maka dari itu berhati-hatilah dalam mencoba sesuatu jika kita tidak mengetahui apa fungsi dan kegunaan dari hal tersebut.

Sekian postingan kali ini semoga dapat bermanfaat.


 
Don’t Forget to Like,share,and Follow This Blog For New Tips About Tecnology”

Comments

Popular posts from this blog

WiFi Hacking Dengan BruteForce PMKID-Attack 2019

Footprinting, Apa dan bagaimana prosesnya?

Spoofing Mac Address Dengan Macchanger Di Kali Linux